5 Cara Membersihkan RAM pada Android

Seiring semakin pesatnya era globalisasi, penggunaan android pun lambat laun mengalahkan gadget lainnya seperti komputer, laptop, dan tab. Makanya, sudah wajar jika dalam satu alat multi fungsi itu digunakan untuk banyak aplikasi secara bersamaan, main game, membuka FB, membuka aplikasi chat, dan mengecek email.

Tetapi tahukah kamu, hal itu bisa membuat RAM kamu cepat habis? Nah, artikel ini hadir sebagai cara membersihkan RAM pada android paling manjur buat kamu. Bagaimana caranya? Nonatekno akan membahas secara detail. Yuk simak satu persatu!

Cara Membersihkan RAM pada Android

Sebenarnya, cara membersihkan RAM pada HP kamu itu sangat mudah, tinggal kamu pintar-pintar saja mengatur dan menggunakan semua data dan aplikasi dalam android kamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasanku di bawah ini.

1. Memindahkan aplikasi dari memori ponsel ke kartu SD

Cara pertama ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan RAM pada android kamu. Selain RAM, setidaknya kamu masih bisa menghemat penggunaan memori internal kamu. Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini: buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, lalu klik Unduhan. Carilah nama aplikasi, kemudian tap dan pindahkan ke memori kartu SD.

2. Hentikan aplikasi kamu secara paksa

Kalau cara pertama belum juga berhasil membersihkan RAM pada android kamu, kamu bisa pakai cara yang kedua yaitu dengan menghentikan aplikasi secara paksa. Biasanya, RAM itu akan cepat penuh oleh aplikasi chatt, kamu bisa antisipasi dengan menghentikan aplikasi chat yang sedang berjalan seperti: Line, WeChat, Facebook, Messenger, Path, BBM, Instagram, dan aplikasi chat lainnya. Untuk menghentikan aplikasi chat secara paksa, kamu bisa ikuti langkah mudah berikut ini: pergilah ke menu Pengaturan, lalu pilih Setelan Tambahan, masuk ke Managemen Aplikasi, lalu kamu cari nama aplikasi, kemudian tap pada tulisan Paksa Berhenti dan hapus data.

READ  Cara Memperbaiki Tombol Power Hp Samsung

3. Bersihkan cache atau file-file sampah secara rutin ya

Kalau masih belum berhasil juga, kamu bisa pakai alternatif cara ketiga ini sebagai cara membersihkan RAM pada android kamu. Caranya dengan menghapus cache atau file-file sampah pada android kamu secara rutin. Ingat ya, secara rutin. Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi Cleaner atau secara manual. Bagaimana cara menghapus cache secara manual? Sangat mudah. Kamu hanya perlu pergi Pengaturan, masuk ke Pengaturan Tambahan, klik pada Managemen Aplikasi, lalu cari nama aplikasi, kemudian hapus cache.

4. Nonaktifkan atau hapus saja aplikasi yang jarang kamu gunakan

Jika kamu punya aplikasi bawaan di android kamu yang jarang kamu gunakan, kamu bisa nonaktifkan atau hapus saja karena cara ini sangat efektif untuk membersihkan RAM di android kamu. Kamu hanya perlu buka menu Pengaturan, masuk ke Aplikasi, tap pada Unduhan, cari nama aplikasi bawaan yang jarang kamu gunakan, lalu tap pada nonaktifkan. Kalau sudah berhasil jangan lupa untuk berbagi cerita di Nonatekno karena menerima guest post dari cerita kamu.

5. Kamu bisa menggunakan aplikasi Booster

Aplikasi Booster adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengoptimalkan cara kerja RAM agar RAM tidak cepat lemot. Ada banyak aplikasi Booster dalam Google Play Store yang bisa kamu download secara gratis seperti: Tap Booster, CM Booter, Clean Master. Kamu bisa mengetikkan pada Google Play Store dengan kata kunci Aplikasi Booster.

Itu tadi 5 cara membersihkan RAM pada android yang pernah aku terapkan pada HP dan alhamdulillah berhasil. Semoga kamu juga ya, cepat sembuh RAM nya dan tidak lemot lagi. Don’t forget to comment below. See you. ^__^

READ  Cara Menghilangkan Mode Aman Di Hp Samsung