Cara Lengkap Membuat Iklan di Google Adwords Bagi Pemula – Google Adwords atau yang kerap disingkat Google Ads yaitu salah satu platform yang telah dibuat oleh Google untuk perihal periklanan bagi seluruh bisnis di dalam dunia internet. Dengan adanya platform ini, anda dapat mengatur penempatan iklan pada mesin pencari Google sesuai yang diinginkan. Google Adwords sebenarnya sangat cocok untuk anda yang ingin menaikkan bisnis dan juga penjualan.

Google sendiri telah menambahkan fitur-fitur yang kompleks, yang mana lewat fitur-fitur yang ada, anda mampu mengatur ataupun merencanakan suatu strategi pemasaran bisnis online tersebut menjadi tidak terbatas. Dengan memanfaatkan Google Ads, iklan untuk bisnis anda secara otomatis dapat muncul di halaman pertama pada pencarian Google.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara-cara untuk membuat iklan di google adwords khususnya bagi para pemula. Namun, bila anda tidak ingin ribet dan ingin mempunyai iklan yang bagus di situs anda. Anda bisa menggunakan Jasa google ads. Langsung saja inilah caranya, sebagai berikut.

 

1. Buat Akun Google Adwords

Sebelum mengawali cara membuat iklan di Google, anda wajib mempunyai akun terlebih dahulu. Bila anda belum mempunyai akun Google Ads, buka situs Google Ads di browser. Lalu ikuti sistem pembuatan akun untuk Google Ads. Anda juga dapat login ke akun Google yang sudah anda miliki.

2. Menentukan Tujuan Iklan

Langkah selanjutnya untuk membuat iklan di Google adalah memilih goal atau tujuan dari pemasang iklan. Iklan anda nantinya dapat diatur sedemikian rupa untuk membantumu meraih goal yang anda pilih.

3. Pilih Jenis Tampilan Iklan

Tipe campaign merupakan wujud tampilan ads yang dapat dibuat, untuk setiap goal campaign. Saat memasang iklan di Google, anda bisa menentukan dari beberapa jenis campaign, yakni:

  1. Search Campaign
  2. Display Campaign
  3.  Shopping Campaign
  4.  Video Campaign
  5.  App Campaign
  6.  Smart Campaign
  7.  Local Campaign
READ  Rekomendasi Usaha Di Saat Pandemi

4. Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, anda perlu melengkapi pengaturan dasar campaign yang bakal dibuat. Anda wajib melengkapi pengaturan dasar iklan layaknya jenis iklan, nama iklan, serta pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.

5. Tentukan Durasi Iklan

Langkah selanjutnya untuk membuat iklan di Google yaitu menentukan durasi iklan. Dengan cara membuka pengaturan dengan klik ‘Show more settings’ sebelum itu. Di bagian ini anda bisa menentukan berapa lama iklan yang anda buat akan ditayangkan oleh Google.

Tentukan durasi iklan dengan memasukkan tanggal mulai serta tanggal selesai iklan tersebut. Selain itu anda juga dapat mengatur URL Campaign, Dynamic search Ads serta jadwal penayangan iklan pada kolom yang ada.

6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa

Langkah berikutnya yakni menentukan jangkauan lokasi dan bahasa untuk penayangan iklan. Anda mampu mempersempit jangkauan sampai ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau supaya lebih spesifik.

7. Menentukan Target Audiens

Pada bagian ini, anda dapat menentukan sendiri audiens yang sesuai dan cocok dengan target pasarmu. Supaya iklan anda bisa ditampilkan lebih spesifik kepada orang-orang tersebut. Menentukan audiens misalnya dari detail demografi, usia, interest dan lain sebagainya.

8. Atur Anggaran Harian Pada Iklan

Pada setiap campaign, anda bisa menentukan berapa banyak uang yang dapat dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap  harinya. Agar dapat memasang iklan di Google dengan efektif, anda sebaiknya mengatur budget yang bakal digunakan untuk iklan tersebut.

Google mempunyai fitur batas pada budget yang nantinya secara otomatis menghentikan iklan sesudah batasan biaya tercapai.

9. Menentukan Bidding Pada Iklan

Bidding merupakan biaya yang akan anda keluarkan untuk tiap-tiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (bila anda menentukan fokusnya terhadap} clicks). Untuk bidding, anda dapat mengaturnya {pada konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save and Continue’.

READ  sarilegen.com - Manfaat Mengonsumsi Gula Semut Bagi Tubuh

10. Atur Keyword untuk Iklan di Ad Group

Langkah berikutnya, dengan melakukan pengaturan keyword di ad group. Satu campaign bisa berisi beberapa ad groups. Anda dapat membuat satu bahkan lebih pada ad group di tiap campaign yang anda bentuk.

Bila anda membuat lebih dari satu ad group, namai tiap ad group pada kolom yang tersedia. Dengan ini akan memudahkan anda untuk mengerti ad mana yang perform lebih baik.

11. Membuat Iklan atau Ad Copy

Setelah melakukan pengaturan di atas, langkah berikutnya yaitu membuat bentuk tampilan iklan. Pada paid search, Google juga membatasi karakter pada teks supaya dapat memuat semua isi teks iklan pada hasil pencarian.

Buatlah dengan kalimat yang sederhana dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklanmu. Setelah itu simpan pengaturan dengan cara klik ‘Save and Continue’.

12. Lakukan Review

Setelah itu langkah berikutnya adalah, anda akan diarahkan pada halaman review sebelum anda memasang iklanmu di Google. Di sini akan nampak detail iklan yang tadi telah anda buat serta anggaran yang dibutuhkan.

13. Lengkapi Detail Pembayaran

Tahap paling akhir dalam cara membuat iklan di Google yaitu melengkapi detail pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, layaknya billing country, timezone, costumer info, pilih metode pembayaran, dan lainnya.

Setelah seluruhnya terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) dan klik tombol ‘Submit’.

 

Penutup

Seperti itulah cara-cara lengkap untuk membuat iklan di Google Adsword. Ikuti langkah-langkah tersebut, supaya anda tidak merasa kebingungan. Semoga artikel ini memudahkan dan membantu untuk mengembangkan bisnis anda dengan membuat iklan di Google Adsword.