Ini Tokoh Wayang Kulit Beserta Sifat dan Gambarnya1

Kesenian wayang kulit merupakan budaya asli Indonesia yang kini kepopulerannya mulai meredup. Dulu kesenian yang sempat familiar pada jamannya ini kerapkali dijadikan saranan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui jalan cerita yang sarat dengan moral dan nilai kebudayaan yang positif. Termasuk salah satunya digunakan oleh para wali untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa dan sekitarnya.

 

Setiap tokoh dalam wayang memiliki lakon atau karakternya masing-masing dalam bermain peran. Ada yang memiliki karakter baik serta ada pula yang memiliki karakter jahat, sama seperti ketika kita melihat film jaman sekarang. Nah, bagi Anda anak milenial yang belum mengenal tokoh wayang kulit berserta sifatnya berikut ini kami sudah rangkumkan info selengkapnya.

 

Tokoh-tokoh Wayang Kulit Berserta Sifatnya

 

1. Tokoh Pewayangan Dewa

 

Batara Wisnu

 

Tokoh pewayangan yang berwujud raksasa serta memiliki senjata yang sakti ini memiliki sifat tegas, ikhlas serta pemaaf. Kepiawaiannya dalam memberi kehidupan makhluknya tanpa pamrih membuat Batara Wisnu selalu disegani.

 

 

 

Batara Surya

 

Putra kandung dari tokoh Punokawan Semar ini, memiliki sifat welas asih, tenang dan tidak mudah marah. Sifat bajik yang di miliki oleh Batara surya ini merupakan turunan dari sang ayah.

 

 

 

2. Tokoh Pandawa 5

Yudistira

 

Yudistira merupakan pandawa tertua dari keempat pandawa lainnya. Wataknya yang sangat jujur, taat beragama, adil, mudah memaafkan, bijaksana serta tak pernah berdusta membuat yudistira ini tidak memiliki musuh sama sekali

 

Werkudara

 

Ksatria terkuat dalam tokoh Pandawa ini memiliki sifat yang berani dan setia. Selain itu Werkudara juga terkenal dengan sifat bajik jujur, tabah serta patuh terhadap orang tua. Werkudara dikenal juga sebagai Bima.

READ  Panduan Mapping dengan Drone DJI

 

Arjuna

 

Permadi atau Arjuna merupakan tokoh Pandawa 5 yang memiliki kemahiran ilmu memanah yang luar biasa. Ia dikenal memiliki watak yang pendiam, lembut, teliti, cerdik, sopan santun serta memiliki jiwa melindungi kaum yang lemah.

 

 

Nakula dan Sadewa

 

Kasatria kembar yang mahir dalam bidang bermain pedang serta ilmu astronomi ini memiliki watak yang sangat jujur dalam melalukan setiap hal. Selain itu ksatria kembar ini juga sangat patuh terhadap orang tua.

 

3. Tokoh Punokawan

Semar

 

Watak yang dimiliki oleh tokoh Punokawan Semar ini pantas untuk ditiru dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Pasalnya ia memiliki sifat yang sangat mulia diantaranya saling mengasihi sesama makhluk hidup serta selalu rendah hati atas apa yang telah dicapainya

 

Gareng

 

Tokoh Punokawan yang selalu memancarkan aura positif ini dikenal karena sifat mulianya yang tidak pernah mengambil hak orang lain. Selain itu Gareng juga selalu memancarkan keceriaan dan kegembiraan serta selalu berhati-hati dalam mengambil setiap langkah

 

Petruk

 

Berbeda dengan tokoh Punokawan lainnya yang tampil dengan sifat yang lebih bersahaja. Justru Petruk tampil dengan watak yang humoris serta pandai berbicara. Memiliki raut wajah yang manis dan sedikit nakal Petruk kerap kali menjadi pusat perhatian.

 

Bagong

 

Selain Petruk, Bagong juga terkenal memiliki watak yang humoris karena sering bertingkah konyol didepan teman-temannya. Tetapi meskipun demikian, Bagong merupakan sosok ksatria yang menyenangkan, sederhana dan tidak fana terhadap gemerlap kehidupan.